Yuk Travelling ke Air Terjun Kalipedati Probolinggo

Home / Wisata / Yuk Travelling ke Air Terjun Kalipedati Probolinggo
Yuk Travelling ke Air Terjun Kalipedati Probolinggo Wisata Air Terjun Kalipedati di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESLAMONGAN, PROBOLINGGOAir terjun Kalipedati di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, bisa menjadi jujugan traveller yang berkunjung ke Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Objek wisata alam ini menawarkan pesona yang berbeda dengan lainnya. Air terjun Kalipedati memadukan eksotisnya air terjun, alam yang masih alami, perkebunan kopi, vegetasi liar dan tebing alam yang menjulang. Kombinasi unik spot wisata ini menjamin keseruan yang tak akan terlupakan.

Lokasi wisata Air Terjun Kalipedati ini bisa ditempuh sekitar 25-30 kilometer dari jantung Kota Kraksaan, Probolinggo. Akses jalannya mudah dijangkau, meski harus melalui tanjakan menikung dan berbatu. Anda bisa melewati  kantor KRPH Krucil menuju Desa Kalianan (areal parkir umum) hanya berjarak kurang lebih 6 kilometer dari lokasi, dengan kualitas akses jalan standart.

Wisata-Air-Terjun-Kalipedati-b.jpg

Keseruan menuju air terjun Kalipedati itu terbukti saat sekelompok media termasuk wartawan TIMES Indonesia menuju lokasi tersebut.

Kondisi jalan yang menanjak dan banyak  berlubang serta bebatuan mengiringi keseruan. Apalagi saat musim penghujan. Sedangkan motor tidak bisa dibawa sampai ke lokasi, dan harus dititipkan di rumah warga berjarak sekitar 2 kilometer ke lokasi.

Namun, yang menjadi penyemangat dalam perjalanan itu, pemandangan indah  lereng pegunungan Argopuro.  Tak hanya itu, hawa sejuk pegunungan dan rimbunnya tanaman kopi serta kehidupan masyarakat yang mengandalkan usaha ternak sapi perahan menjadi bagian asyik dari perjalanan ini.

Wisata-Air-Terjun-Kalipedati-c.jpg

Menurut warga, belum banyak orang dari luar mengetahui keindahan Air Terjun Kalipedati tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo, Sugeng Wiyanto, pihaknya akan mempromosikan kawasan air terjun Kalipedati, sebagai obyek wisata andalan Kabupaten Probolinggo.

"Dan tentu jika ini bisa terealisasikan akan mendorong mikro usaha kecil di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil. Karena di daerah tersebut dikenal memiliki kemajuan sektor ternak sapi perah, kopi yang sudah dikenal luas dan ada obyek lain yang tidak kalah dengan Gunung Bromo," ucapnya.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com