Selain Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Senam Aerobik untuk Tubuh

Home / Gaya Hidup / Selain Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Senam Aerobik untuk Tubuh
Selain Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Senam Aerobik untuk Tubuh Senam Aerobik. (FOTO: Istimewa)

TIMESLAMONGAN, JAKARTA – Kebanyakan orang melakukan senam aerobik untuk menurunkan berat badan. Sebenarnya lebih dari itu, manfaat senam aerobik ternyata juga dapat dirasakan seluruh tubuh, mulai dari jantung hingga sistem imun.

Dilansir dari sehatq.com, berikut manfaat senam aerobik yang bisa Anda dapatkan.

1. Menjaga berat badan

Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, senam aerobik juga bermanfaat untuk mencegah berat badan kembali naik. Jika dipadukan dengan mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori, maka berat badan akan semakin cepat tercapai.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Melakukan senam aerobik akan membuat jantung menjadi lebih sehat dan dapat memompa darah secara lebih efisien ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam darah.

3. Meningkatkan stamina tubuh

Saat pertama kali memulai senam aerobik, tubuh mungkin akan terasa kelelahan. Namun, jika Anda melakukannya secara teratur, lama-kelamaan stamina tubuh akan meningkat dan rasa lelah akan berkurang. Kekuatan jantung, paru-paru, tulang, hingga otot Anda juga akan meningkat, seiring berjalannya waktu.

4. Mengontrol kadar gula darah

Berolahraga secara teratur dapat membantu mengatur kadar insulin di tubuh, sehingga kadar gula darah pun akan ikut terkontrol.

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh menjadi lebih kuat, adalah salah satu manfaat senam aerobik yang sayang jika dilewatkan. Olahraga ini, akan mengaktifkan sistem imun tubuh, membuat Anda menjadi lebih kebal dari penyakit-penyakit ringan seperti flu dan batuk.

6. Menurunkan tekanan darah

Karena senam aerobik adalah senam yang melatih jantung, maka manfaatnya juga akan terasa pada kadar tekanan darah yang menurun. Saat tekanan darah menurun, gejala hipertensi yang ada juga dapat mereda.

7. Membuat tidur jadi lebih nyenyak

Melakukan latihan kardio bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Namun, perhatikan juga waktu Anda melakukannya. Jangan sampai, Anda berolahraga kelewat malam dan terlalu dekat dengan jam tidur. Paling lambat, Anda boleh berolahraga dua jam sebelum tidur.

8. Meningkatkan suasana hati

Manfaat senam aerobik juga akan terasa bagi kondisi mental Anda. Sebab, olahraga ini ternyata juga bisa membantu meringankan gejala depresi dan mengurangi ketegangan yang berkaitan dengan gangguan kecemasan. Latihan kardio ini pun akan membuat Anda menjadi lebih rileks.

9. Membuat cara kerja otak jadi lebih maksimal

Selain menurunkan berat badan, manfaat lain senam aerobik adalah untuk kesehatan otak. Sebab, olahraga ini dinilai dapat memperlambat hilangnya jaringan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com