Stop Bermain Gawai! Ini Cara Tepat Mengatasi Susah Tidur

Home / Gaya Hidup / Stop Bermain Gawai! Ini Cara Tepat Mengatasi Susah Tidur
Stop Bermain Gawai! Ini Cara Tepat Mengatasi Susah Tidur ILUSTRASI. (FOTO: Brilio)

TIMESLAMONGAN, JAKARTA – Semua orang pasti pernah mengalami susah tidur atau susah kembali tertidur setelah terbangun pada malam hari. Banyak orang memilih bermain gawai jika susah tidur atau terbangun di malam hari. Tujuannya agar bisa cepat tidur. Namun, kebiasaan ini sebenarnya tidak baik. Ada hal yang lebih baik dilakukan untuk mengatasi susah tidur. Apa saja?

1. Beranjak dari tempat tidur

Jika telah terbangun selama 20 atau 30 menit, sebaiknya Anda beranjak dari tempat tidur dan melakukan kegiatan tertentu selama 30 menit, seperti melipat cucian atau membaca, sebelum mencoba kembali ke tempat tidur.

2. Tahan keinginan untuk bermain gawai

Apa pun yang Anda lakukan, jangan mengambil gawai m untuk memeriksa email, media sosial, atau apa pun di dalamnya. Barang elektronik cenderung membuat Anda terjaga dan tidak membantu Anda untuk kembali tidur.

3. Menghitung domba, tapi hitung mundur

Cara ini sudah banyak diketahui. Biasanya, Anda akan tertidur ketika angka hitungannya sudah mulai banyak. Akan tetapi, Dr. Patil menyarankan Anda untuk menghitungnya secara mundur atau dari angka besar. Tugas ini membosankan, tapi cukup bisa membuat Anda mengantuk. Mungkin kegiatan ini hanya pengalih perhatian yang dibutuhkan pikiran untuk tertidur lagi.

4. Jangan tunda ke kamar mandi

Kalau Anda terbangun karena ingin buang air kecil, Anda harus segera melakukannya, jangan ditunda. Banyak orang yang menundanya dengan harapan tidur tidak terganggu. Nyatanya, setelah buang air kecil justru bisa membuat Anda kembali tertidur nyenyak.

5. Meditasi

Bagi yang sudah akrab dengan aktivitas ini, Anda bisa mencobanya jika susah tidur atau terbangun di tengah malam. Saat terbangun, lakukanlah gerakan meditasi. Intinya adalah melakukan gerakan untuk relaksasi, mulai dari kepala sampai kaki.

6. Putar lagu yang menenangkan

Menurut Sleep Foundation, musik memiliki kekuatan untuk memperlambat detak jantung dan pernapasan, menurunkan tekanan darah, bahkan memicu otot-otot untuk relaks.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi susah tidur. Ingat, jangan ambil gawai Anda untuk alasan apa pun. Bermain gawai saat berusaha untuk tidur justru bisa membuat Anda terjaga, bukannya kembali tidur. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com