Segera Tutup Google Play Music, Google Imbau Pengguna Beralih ke YouTube Music

Home / Gaya Hidup / Segera Tutup Google Play Music, Google Imbau Pengguna Beralih ke YouTube Music
Segera Tutup Google Play Music, Google Imbau Pengguna Beralih ke YouTube Music Google berencana untuk menghentikan layanan Google Play Music dan mengantikannya dengan YouTube Music. (Foto: ....)

TIMESLAMONGAN, JAKARTA – Google berencana untuk menghentikan layanan Google Play Music dan mengantikannya dengan YouTube Music. Penghentian layanan inn akan digantian platform YouTube Music yang dirilis November 2019 lalu. 

Pengguna layanan Google Play Music nantinya akan dapat memindahkan semua daftar lagunya ke YouTube Music. Proses pemindahan ini bisa dilakukan melalui layanan Google TakeOut atau laman berikut. 

Menurut informasi dari Tech Radar, sejumlah perubahan akan dilakukan pada Google Play Store dan Music Manager dalam beberapa bulan ke depan. YouTube juga mengimbau para pengguna untuk memindahkan daftar musik mereka dari Google Play Music ke YouTube Music. 

"Jangan khawatir, kami akan menyimpan daftar lagu, unggahan, pembelian, lagu yang disukai, dan sebagainya hingga bulan Desember 2020 untuk memudahkan pemindahan ke YouTube Music," jelas Tim YouTube. 

Pemberhentian layanan Google Play Music ini akan dimulai September 2020. Pemberhentian layanan akan dimulai untuk pengguna Google Play Music di Selandia dan Afrika Selatan sebelum diberlakukan secara global pada Oktober mendatang. 

Setelah Desember 2020, daftar pustaka pada Google Play Music sudah tidak lagi tersedia. Pengguna juga dipersilakan apabila ingin menghapus segala informasi yang disimpan di layanan tersebut. Mulai bulan Agustus ini, pengguna Google Play Music tidak lagi bisa membeli dan memesan (pre-order) musik, serta mengunggah dan mengunduh lagu melalui Music Manager. 

Sebagai informasi, YouTube Music merupakan layanan streaming musik mirip Spotify. Layanan ini belum genap setahun dirilis. YouTube Music juga bisa diakses secara gratis asalkan pengguna juga mau mendengarkan iklan yang tayang.

Namun, bagi pengguna yang ingin akses tanpa layanan, bisa dilakukan dengan berlangganan. Di Indonesia, Google mematok harga berlangganan YouTube Music Premium sebesar Rp 49.000 per bulan. Harga langganan YouTube Music, ini sudah meliputi beragam fitur ekstra YouTube Music, seperti streaming musik tanpa iklan, hingga mengunduh lagu agar bisa diputar secara offline dan pengguna bisa beralih dari audio ke video atau sebaliknya, bahkan saat lagu terputar. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com