6 Pilihan Makanan Sehat untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Home / Gaya Hidup / 6 Pilihan Makanan Sehat untuk Mengatasi Radang Tenggorokan
6 Pilihan Makanan Sehat untuk Mengatasi Radang Tenggorokan Ilustrasi - Tips mengatasi radang tenggorokan (FOTO: hellosehat)

TIMESLAMONGAN, JAKARTARadang tenggorokan menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman saat menelan. Hal ini akan membuat Anda sulit makan dan minum. Padahal, tubuh tetap memerlukan asupan nutrisi untuk mendukung kesembuhan. Lalu, apa saja minuman makanan sehat yang bisa mengatasi radang tenggorokan?

1. Pisang

Pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat mudah ditelan, termasuk bagi orang yang sedang radang tenggorokan. Kandungan vitamin B6, kalium dan vitamin C yang terdapat di dalamnya akan membantu menyembuhkan sakit pada tenggorokan.

2. Sup ayam

Peneliti telah menemukan bahwa sup ayam mungkin memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu membersihkan saluran napas, yang dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan. Sup ayam juga berfungsi sebagai anti peradangan dan mencegah virus yang masuk ke dalam tubuh.

3. Madu

Madu memiliki antioksidan yang cukup tinggi, memiliki sifat antibakteri, dan antiinflamasi, yang diyakini efektif melawan infeksi dan membantu penyembuhan luka. Itulah sebabnya madu dapat menjadi salah satu asupan baik untuk mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

4. Kunyit dan jahe

Tanaman herbal multifungsi ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang berguna untuk menghilangkan gejala mirip flu, seperti sakit tenggorokan. Kamu bisa mengolah kunyit dan jahe menjadi minuman hangat atau campuran untuk membuat teh panas.

5. Sayuran yang dimasak dengan baik

Kandungan nutrisi yang baik pada sayuran seperti wortel, kol, dan kentang dapat membantu mempercepat kesembuhan. Olah sayuran dengan cara direbus atau dibuat menjadi kuah.

6. Air putih

Selain berbagai makanan sehat di atas, air putih juga penting. Minum air putih yang cukup selama sakit tenggorokan adalah salah satu cara paling sederhana untuk meredakan radang tenggorokan. Air putih dapat menjaga kelembapan dan kebersihan tenggorokan, serta mencukupi kebutuhan cairan Anda agar terhindar dari dehidrasi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com