PTSL Tahun 2019, BPN Gresik Optimistis Capai Target

Home / Berita / PTSL Tahun 2019, BPN Gresik Optimistis Capai Target
PTSL Tahun 2019, BPN Gresik Optimistis Capai Target Kepala BPN Gresik, Asep Heri (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESLAMONGAN, GRESIK – Badan Pertanahan Nasional atau BPN Gresik, Jawa Timur optimistis program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019 sesuai target, yakni 53.500 tanah dari 61.000 peta bidang. 

Untuk mencapai target 61 ribu selesai, BPN menargetkan penyelesaian 3 ribu berkas per hari dengan asumsi sebulan mencapai 52 ribu. 

Hingga Juni, BPN telah merampungkan proses pendaftaran dan pengukuran hingga 100%. Namun, hingga saat ini masih ada 11 ribu berkas yang belum lengkap sehingga harus diverifikasi ulang.

"Kalau pengukuran kita sudah 100 persen. Namun masih ada 11 ribu berkas yang belum lengkap sehingga harus diverifikasi," kata Kepala BPN Gresik Asep Heri usai monitoring di Pendapa Kecamatan Bungah, Kamis (3/6/2019) siang.

Asep membeberkan, selain petugas di lapangan yang harus bekerja keras. Untuk mensukseskan program pemerintah pusat ini, ia memohon masyarakat juga ikut andil.

Untuk memastikan segala proses berjalan sesuai aturan, dalam waktu dekat BPN akan melakukan monitoring ke semua desa yang mengikuti PTSL.

"Tanggal 18 hingga 28 Juni kami pastikan akan turun langsung memantau proses pendaftaran, semua desa akan kami monitoring," imbuh Asep.

Dalam kesempatan itu, Asep juga mengimbau kepada seluruh panitia PTSL serta kepala desa agar mengikuti aturan yang berlaku seperti surat keputusan bersama tiga menteri yakni biaya hanya Rp 150.000.

"Kalaupun harus berpedoman pada peraturan gubernur dan juga kesepakatan bersama antara panitia dan pemohon yang ada di desa. Intinya jangan memberatkan, kita harus melayani," ucapnya.

Untuk tahun ini, BPN membentuk 7 tim melaksanakan program PTSL 2019 di 41 desa di 5 kecamatan. Selain itu, untuk mensukseskan program ini, BPN Gresik juga dibantu oleh Pegawai Tidak tetap serta Pejabat Pembuat Akte Tanah (PPAT). (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com