5 Tips Komunikasi di Grup WA yang Efektif dan Efisien

Home / Berita / 5 Tips Komunikasi di Grup WA yang Efektif dan Efisien
5 Tips Komunikasi di Grup WA yang Efektif dan Efisien Ilustrasi. (dok/TI)

TIMESLAMONGAN, JAKARTAWhatsApp (WA) kini menjadi sarana efektif untuk melakukan komunikasi. Fasilitas Grup WA bisa membantu penggunanya untuk berkoordinasi dengan efektif baik untuk bisnis, penggalangan dana, proses belajar mengajar, diskusi tema tertentu, dan lain-lain. 

Namun, tidak jarang komunikasi di grup whatsApp jadi "berantakan" karena pesan yang tersampaikan tidak utuh. Untuk itu, perlu strategi dan trik agar koordinasi dan komunikasi jarak jauh di Grup WhatsApp biasa efisien dan efektif setiap waktu. 

Berikut tipsnya:

1. Kumpulkan komunikasi Anda menjadi satu blok pokok pikiran setelah Anda membaca secara keseluruhan materi yang akan Anda respons.

2. Jangan sesekali menggunakan bahasa-bahasa pendek tapi berkali-kali melakukan enter (memasukkan komunikasi) ke dalam Grup WA. Selain pokok pikiran akan tampak kocar kacir sehingga tidak terbaca maksudnya, juga bisa menandakan alur pikiran dan komunikasi Anda tidak terstruktur. 

3. Jika akan merespons per poin bahasan, gunakan auto respons yang menjadi fasilitas Grup WA. Sehingga komunikasi bisa efektif dan efisien serta tepat sasaran. 

4. Jika akan merespons secara pribadi per poin komunikasi, bisa gunakan auto direct messege yang menjadi fasilitas Grup WA. 

5. Jika akan mengutarakan poin-poin panjang dalam komunikasi di Grup WA, usahakan membuat poin-poin yang terstruktur dalam satu tangkapan layar, sebagaimana kumpulan blok komunikasi. 

Selamat mencoba tips komunikasi Grup WA agar komunikasi di WhatsApp bisa efektif. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com