Berlaku Mulai Juli, Jangan Kaget Jika KK dan Akta Baru Akan Pakai Kertas HVS

Home / Berita / Berlaku Mulai Juli, Jangan Kaget Jika KK dan Akta Baru Akan Pakai Kertas HVS
Berlaku Mulai Juli, Jangan Kaget Jika KK dan Akta Baru Akan Pakai Kertas HVS Poster berisi pemberitahuan perubahan material dokumen kependudukan. (FOTO: Dispendukcapil Lamongan for TIMES Indonesia)

TIMESLAMONGAN, LAMONGAN – Dokumen kependudukan akan tampil dalam wujud baru yakni dicetak menggunakan kertas HVS 80 gram ukuran A4. Salah satunya Kartu Keluarga (KK). Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Lamongan, Sugeng Widodo, hal itu akan berlaku mulai 1 Juli 2020.

"Sesuai dengan Permendagri nomor 109, pasal 12 dan 14, tahun 2019, tentang formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan," kata Sugeng, Selasa (30/6/2020).

Berdasarkan Permendagri tersebut, kata Sugeng, dijelaskan bahwa penggantian material cetak dokumen pendudukan tersebut dilakukan lantaran spesifikasi blanko sudah tidak sesuai dengan perkembangan sehingga perlu diganti.

"Bahwa untuk efisiensi, efektivitas dan kemudahan dalam administrasi kependudukan, perlu dilakukan penyesuaian jenis dan spesifikasi formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan," ujarnya.

Sugeng menyebutkan, jenis dokumen kependudukan yang dicetak menggunakan kertas HVS tidak hanya KK, tapi juga untuk dokumen lain seperti Akta Kelahiran maupun Akta Kematian.

"Jadi mulai 1 Juli, dokumen kependudukan selain KTP elektronik dan KIA. Tidak lagi menggunakan kertas hologram security, tetapi menggunakan kertas putih HVS 80 gram ukuran A4," tuturnya.

Lebih lanjut Sugeng menjelaskan, perubahan material dokumen yang memggunakan kertas HVS hanya berlaku untuk penerbitan atau pencetakan dokumen kependudukan yang baru.

"Dokumen administrasi kependudukan yang sudah diterbitkan sebelum berlakunya Permendagri ini, tidak perlu diganti apabila tidak ada perubahan elemen data," kata Sugeng, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Lamongan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com