17 warga Pasuruan Positif Covid-19, 8 Diantaranya Tenaga Medis RSUD Bangil

Home / Berita / 17 warga Pasuruan Positif Covid-19, 8 Diantaranya Tenaga Medis RSUD Bangil
17 warga Pasuruan Positif Covid-19, 8 Diantaranya Tenaga Medis RSUD Bangil Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya. (Foto: Pasuruankab.go.id)
Fokus Berita

TIMESLAMONGAN, PASURUAN – Kasus baru pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pasuruan per hari ini, Sabtu (23/5) ada penambahan 17 sehingga total menjadi 72 orang. Dari jumlah kasus baru terdiri dari 8 tenaga medis yang bertugas di RSUD Bangil, dan 9 orang yang berasal dari PDP Covid-19 yang dirawat di RSUD Bangil.

Untuk 8 nakes RSUD Bangil yakni 1 orang bidan asal Kecamatan Beji, 1 perawat perempuan berusia 42 tahun dari Bangil, 1 perawat perempuan usia 35 tahun dari Bangil, 1 perawat perempuan 51 tahun dari Kecamatan Bangil, 1 perawat laki-laki 28 tahun dari Kecamatan Bangil, 1 perawat perempuan 28 tahun dari Kecamatan Beji, 1 perawat laki-laki dari Kecamatan Grati, dan 1 perawat gigi laki-laki 54 tahun dari Kecamatan Bangil.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan, kedelapan tenaga medis yang dinyatakan positif Covid-19 hari ini adalah petugas kesehatan yang menangani pasien Covid-19 di RSUD Bangil. Baik yang berstatus PDP maupun terkonfirmasi Covid-19.

“Kami ikut bersedih, karena hari ini lagi-lagi para tenaga kesehatan yang terkonfirmasi Covid-19. Mereka yang selama ini merawat para pasien PDP dan positif Covid-19 di RSUD Bangil. Karena dari swab test keluar hari ini yang menyatakan mereka positif Covid-19,” ujarnya di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Bangil, Sabtu (23/5/2020) sore.

Ia menambahkan, selama merawat para pasien Covid-19, para tenaga kesehatan selalu discreening untuk dilakukan rapid test. Screening ini dilakukan dalam periode tertentu. Dalam artian, antara petugas satu dengan petugas lain discreening sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

“Kita ambil contoh, ketika ada pasien baru masuk di RSUD, dan dicurigai menjadi PDP. Nah, kemudian ketika diperiksa ternyata memiliki komorbit atau penyakit penyerta kemudian dirapid dan hasilnya reactive, maka perawat yang kontak erat dengan pasien ini akan dirapid atau screening secara massal,” terang dia diberitakan laman Pasuruankab.

Setelah dinyatakan Positif Covid-19 per hari ini, rencananya kedelapan nakes ini akan diisolasi di Hotel Permata Biru, Prigen, lantaran mereka terpapar Virus Corona dalam kondisi tanpa gejala alias OTG (orang tanpa gejala). Kata Anang, rencananya besok akan dipindahkan dari RSUD Bangil.

“Hari ini kita masih koordinasi, kalau mala mini siap, maka langsung kami pindahkan ke Permata Biru untuk menjalani isolasi, karena mereka semua tanpa gejala. Meski ada yang komorbit karena usia lebih dari 45 tahun,” tegasnya.

Dengan bertambahnya 17 orang terpapar corona pada hari ini, maka jumlah warga Kabupaten Pasuruan yang dinyatakan Posotif Covid-19 sampai hari ini mencapai 74 orang. Terdiri dari 11 warga Bangil, 12 warga Beji (1 sembuh), 8 warga Gempol (1 sembuh), 2 warga Gondangwetan (1 sembuh), dan 2 warga Grati.

Selanjutnya 5 warga Kraton, 1 warga Lekok, 1 warga Lumbang (sembuh), 2 warga Nguling, 7 warga Pandaan, 1 warga Pasrepan, 5 warga Prigen, 1 warga Purwodadi, 2 warga Purwosari, 5 warga Puspo (1 sembuh), 2 warga Rejoso, 6 warga Rembang (2 sembuh), dan 1 warga Tutur.

Seluruh pasien Positif Covid-19 dari PDP ini dirawat dan diisolasi di RSUD Bangil sampai sembuh

Terhadap semakin banyaknya warga yang terpapar Virus Corona, Anang meminta seluruh masyarakat untuk patuh terhadap segala anjuran pemerintah. Terlebih mendekati lebaran, jumlah warga yang memadati pusat perbelanjaan semakin banyak.

“Kami mohon untuk warga jangan mudik, tetap di rumah saja. Jangan menggelar open house. Kita selamatkan keluarga kita agar terhindari dari paparan virus corona ini,” ujar Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pasuruan, Anang Saiful Wijaya.

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com