Maluku Utara Minta Pemeriksaan Spesimen Dipindahkan dari Jakarta ke Makassar

Home / Berita / Maluku Utara Minta Pemeriksaan Spesimen Dipindahkan dari Jakarta ke Makassar
Maluku Utara Minta Pemeriksaan Spesimen Dipindahkan dari Jakarta ke Makassar Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malukun Utara, dr. Rosita Alkatiri. (FOTO: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESLAMONGAN, TERNATE – Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/182/2020 tentang Jejaring Laboratorium Pemeriksaan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), pemeriksaan spesimen Maluku Utara di bawah Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta bersama dengan Maluku, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

Namun hasil pemeriksaan di tempat tersebut terlampau lama diterima oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, mengingat banyak spesimen dari daerah lain yang harus diperiksa juga. Oleh karena itu, pihak Pemprov berinisiatif untuk mengajukan pemindahan laboratorium.

"Kami sedang berupaya memindahkan laboratorium kita. laboratorium kita sesuai dengan SK Kementerian Kesehatan kita di bawah BBPK Jakarta dan itu membutuhkan hasil yang cukup lama," ungkap Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malukun Utara, dr. Rosita Alkatiri di Sahid Hotel Bela Ternate, Sabtu (4/4/2020)

dr. Rosita mengaku pihaknya telah berkomunikasi dengan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Pusat untuk memindahkan pemeriksaan spesimen di laboratorium yang ada di Makassar.

"Kami selalu berupaya memberikan yang terbaik buat negeri ini," ungkap dr. Rossi sapaan akrab dr. Rosita Alkatiri.

Bahkan lanjut dia, komunikasi dengan kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar juga sudah dilakukan, dan mendapat respon positif. Saat ini, tinggal menunggu persetujuan dari pemerintah pusat. "Cukup welcome namun tetap menunggu dari pusat," imbuhnya.

Disamping itu, dr. Rossi menambahkan spesimen 4 PDP RSUD Chasan Boesoiri sudah dikirim ke Jakarta namun belum keluar hasilnya. "Kita berharap secepatnya pemeriksaan spesimen bisa kita terima hasilnya," tutupnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com