Stasiun Klimatologi Ingatkan Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim di Wilayah Yogyakarta

Home / Berita / Stasiun Klimatologi Ingatkan Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim di Wilayah Yogyakarta
Stasiun Klimatologi Ingatkan Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim di Wilayah Yogyakarta Petugas sedang mencari siswa yang menjadi korban susur sungai di Sungai Sempor, Dukuh Donokerto Turi Sleman hingga Jumat (21/2/2020) tengah malam. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)

TIMESLAMONGAN, YOGYAKARTA – Kepala Stasiun Klimatologi Sleman Yogyakarta, Reni Kraningtyas mengimbau seluruh warga mewaspadai potensi kejadian cuaca ekstrim. Cuaca ekstrim yang dimaksud adalah hujan lebat disertai kilat petir dan angin kencang, ataupun hujan dengan durasi yang panjang, karena  dapat berdampak terjadinya longsor, banjir dan banjir bandang.

Reni mengatakan kondisi cuaca ekstrim tersebut dipicu oleh pertumbuhan awan-awan konvektif (awan cumulonimbus) secara intensif.

Dugaan sementara penyebab siswa SMPN 1 Turi Sleman terseret karena tiba tiba ada luapan air sungai secara cepat saat mereka sedang menyusuri kali Sempor.

Sebagian siswa bisa selamat namun tak sedikit yang ikut terseret derasnya arus sungai yang merupakan anak dari Kali Bedog, salah satu sungai yang berhulu di puncak Gunung Merapi itu.

“Kejadian banjir bandang umumnya dipicu oleh hujan dengan intensitas lebat atau hujan berdurasi panjang, yang terjadi di hulu sungai,” kata Reni, Sabtu (22/2/2020).

Menurutnya, kejadian banjir bandang ini sering ditandai dengan terlihatnya awan hitam tebal ke arah hulu sungai, meskipun cuaca di daerah hilir sungai cerah/ tidak hujan. BMKG sebelumnya memprediksi bahwa bulan Februari ini masih merupakan puncak musim hujan dan cuaca ekstrim masih akan terjadi sampai dengan bulan Maret 2020.

“Karena itu, masyarakat dapat menyesuaikan aktivitasnya. Selalu memonitor info cuaca dan peringatan dini BMKG melalui berbagai kanal resmi yang tersedia,” jelas Reni Kraningtyas, kepala Stasiun Klimatologi Sleman Yogyakarta. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com